Rabu, 30 Mei 2012


Ikan keberuntungan
Tepatnya pada bulan mei 2012,disaat azan zhuhur berkumandang menandakan kepada umat islam untuk menunaikan panggilan sang khalik dari aktivitas dunia  dan menjalankan kewajiban sebagai umat muslim, hari yang cerah dengan sinar matahari yang menyengat seakan membakar ubun-ubunku dikepala.
Saya pergi menuju masjid yang bergaya arsitektur china.saya mengambil air whudu dan sholat . selesai sholat saya  melangkah keluar,didepan pintu masjid terdapat rumah yang begitu sederhana dengan kolam yang berisi ikan didalamnya serta disampingnya ada patung perempuan  yang begaya duduk menghiasi rumah tersebut.patungnya bewarna coklat dan terbuat dari semen.didalam kolam tersebut terdapat ikan-ikan arwana yang khonon dipercaya oleh masyarakat thionghoa dapat menjadi sebuah keberuntungan dan penambah rezeki.
Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini, ikan arwana yang begitu mempesona. ikan yang sebagian besar mengisi ruang tamu rumah para konglomerat, yang merupakan ikan bisa dibilang mahal. Arwana termasuk famili ikan "karuhun", atau lidah bertulang, karena bagian dasar mulutnya berupa tulang yang berfungsi sebagai gigi. Arwana memiki berbagai julukan,seperti:Ikan Naga (Dragon Fish), Barramundi,Saratoga, PlaTapad, Kelesa, Siluk, Kayangan,Peyang, Tangkelese,Aruwana, atau Arowana, tergantung dari tempatnya.Ikan yang berukuran 5 inci yang bewarna sedikit merah dan putih dibawahnya,telah membuat saya tertarik untuk semakin melihatnya. Arwana atau Arowana merupakan ikan air tawar purba yang tersebar di seluruh dunia, mulai dari Afrika, Asia Tenggara, Australia hingga Amerika Selatan. Studi genetik dan temuan fosil menunjukkan, ikan ini setidaknya telah hidup di bumi sejak 220 juta tahun yang lalu. Sebagai ikan purba, arwana memiliki karakter fisik yang unik. Kepala  bertulang kokoh, dengan tubuh memanjang, berselubung sisik besar dan saling bertumpuk membentuk suatu mosaik yang indah.
   Arwana adalah ikan yang memakan binatang kecil dan cacing yang mereka bisa dapatkan, termasuk burung dan kelelawar yang mereka tangkap saat terbang, Arwana juga dapat melompat hingga 2 meter Ke udara . Di Cina, Arwana dikenal sebagai “ikan-naga” karena penampilan mereka, dan mereka dianggap pertanda nasib baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar